duka ibu untuk ibu

Image

hari kamis dibulan desember tepat tanggal 6 tahun 2012, yogyakarta kala itu diguyur hujan deras. bukan karna kuliah saya full seharian membuat saya harus menuliskan kondisi hari kamis ini, tapi karna kabar disebrang sana. tanah tempat saya pernah numpang tinggal hampir 22tahunan.

ya waktu itu sekitar jam setengah dua siang, saya masih diruang kelas estetika, tiba-tiba saudara saya sms ‘det mbah kritis’ , layaknya headlinenews dia mengabarkan kondisi ter up to date, hape saya berbunyi kembali ‘det mbah muntah darah gak berhenti’ , ‘det mbah gak sadarkan diri’ ….. ‘det mbah meninggal, yang sabar ya’

kali ini hape saya berbunyi kembali dengan nada panggilan, saya lihat nomor ibu tertera dilayar, dengan singgap saya langsung keluar kelas dan meangkat telpon, terdengar sesegukan ibu dari ujung sana, sambil menahan tangis berusaha berbicara jelas, mengabarkan kan kondisi ibu beliau yang sudah tiada.

setelah tidak berapa lama ibu menutup telpon, seketika itu saya teringat memory ketika bersama mbah putri, mbah yang selalu menyediakan sarapan lontong pecel jika saya menginap dirumahnya, mbah yang selalu berusaha memberi jajan cucunya walaupun kondisi perekonomian sedang susah, mbah yang selalu banyak cerita, dan mbah yang sudah menjadi ibu yang hebat untuk ibu saya. terimakasih mbah atas semua jasa kebaikan yang telah engkau persembahkan, maafkan jika saya belum bisa menjadi cucu yang bisa dibanggakan dan maafkan jika saya belum bisa menjadi orang jawa seutuhnya.

😥 selamat jalan mbah, semoga Allah berikan terbaik buat mbah

7 pemikiran pada “duka ibu untuk ibu

  1. aamiin..jalan terbaik doa untuk si mbah dan berlaku sebaik mungkin bagi kerabat si mbah, terutama anak dari si mbah yakni ibu kita

  2. “yakinkan pada semua le pecel keluarga kita, pecel yang paling enak, porsinya banyak, meskipun harganya murah kita gak pernah kalah dirasa, mbah gak cari untung banyak bisa lihat orang kenyang dan bisa berbagi ketika orang membutuhkan, jangan sampai gak jualan pecel”

    tribute to mbah Soewarni-Sastro 01011934-06122012

Tinggalkan Balasan

